Loading...
Indo Barometer
Survei
Indo Barometer
Barometer Prilaku Masyarakat Indonesia
Lima Indikator Kemenangan Jokowi – Amin di Pilpres 2019

Selasa 02 April 2019
Download File


Per 2 April 2019, pemilu tinggal dua minggu lagi. Bagaimana prospek kemenangan dua pasang kandidat presiden dan wakil presiden yang berkompetisi? Bagaimana perbandingannya dengan data Februari 2019? Pasangan manakah yang paling potensial meraih kemenangan? Apakah variabel yang bisa membatalkan kemenangan itu?

Survei nasional Indo Barometer Maret 2019 membaca tanda kemenangan itu kuat ada di paslon Jokowi-Maruf Amin. Tanda kemenangan dapat dilihat dari Lima indikator utama yang akan dipaparkan satu demi satu dalam rilis survei ini.

Lima indikator kemenangan Jokowi-Amin adalah: 1) Mayoritas publik Indonesia puas atas kinerja Jokowi sebagai calon petahana: 2) Penilaian kualitas personal Jokowi lebih baik daripada Prabowo; 3) Tiga kartu baru Jokowi sangat disukai masyarakat; 4) Mayoritas pemilih menganggap Jokowi lebih mewakili aspirasi umat Islam dibanding Prabowo, termasuk di kalangan santri; dan 5) Keunggulan Jokowi merata di berbagai segmen penting pemilih seperti, jenis kelamin, desa kota, pulau, agama, usia, pendidikan, dll.


Lima indikator di atas, ditambah masih jauhnya selisih paslon 01 dan 02 menurut survei nasional Februari dan Maret 2019, merupakan penanda kuat kemenangan pasangan Jokowi-Amin. Namun kemenangan itu akan batal jika pendukung Jokowi-Amin golputnya mencapai 40% sementara pendukung Prabowo-Subianto tidak ada yang golput.

Survei Nasional ini dilaksanakan pada 15 – 21 Maret 2019. Metode yang digunakan adalah multistage random sampling dengan 1200 responden. Margin of error sebesar ± 2.83%, pada tingkat kepercayaan 95%.

Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara tatap muka responden menggunakan kuesioner. Responden survei adalah warga negara Indonesia yang sudah mempunyai hak pilih berdasarkan peraturan yang berlaku, yaitu warga yang minimal  berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah pada saat survei dilakukan.

z