Loading...
Indo Barometer
Survei
Indo Barometer
Barometer Prilaku Masyarakat Indonesia
Evaluasi Kinerja Calon Petahana dan Prospek Pilpres 2019

Kamis 21 Maret 2019
Download File


Pilpres 2019 merupakan pengulangan 2014 karena yang bertarung adalah calon presiden yang sama, yakni Jokowi vs Prabowo.

Dalam teori politik, peluang calon petahana untuk terpilih kembali sangat  dipengaruhi oleh evaluasi publik atas kinerjanya. Jika mayoritas puas, maka peluang terpilih kembali besar. Dan sebaliknya.

Akan tetapi peluang tersebut dipengaruhi juga oleh aspek lain seperti penilaian terhadap kemampuan dan kepribadian calon. Juga oleh isu-isu yang berkembang di masyarakat dan kaitannya dengan calon presiden.
Survei ini ingin melihat ketiga hal tersebut di atas. Yakni kepuasan pada Jokowi sebagai capres incumbent, penilaian  terhadap kemampuan dan kepribadian para calon, isu-isu yang berkembang jelang pilpres 2019, serta elektabilitas pasangan calon presiden jelang pemilu 2019.

Survei Nasional ini dilaksanakan pada 6 – 12 Februari 2019. Metode yang digunakan adalah multistage random sampling dengan 1200 responden. Margin of error sebesar ± 2.83%, pada tingkat kepercayaan 95%.

Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara tatap muka responden menggunakan kuesioner. Responden survei adalah warga negara Indonesia yang sudah mempunyai hak pilih berdasarkan peraturan yang berlaku, yaitu warga yang minimal  berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah pada saat survei dilakukan.

z