'c1k4dutz666 was here.... PRESS RELEASE HASIL QUICK COUNT INDO BAROMETER PEMILUKADA PROVINSI JAWA TENGAH | Quick Count Indo Barometer


Loading...
Indo Barometer
Quick Count
Indo Barometer
Barometer Prilaku Masyarakat Indonesia
PRESS RELEASE HASIL QUICK COUNT INDO BAROMETER PEMILUKADA PROVINSI JAWA TENGAH

Minggu 26 Mei 2013
Download File


Berdasarkan quick count pemilukada Jawa Tengah yang digelar oleh Indo Barometer, Minggu (26/5), menunjukkan Ganjar Pranowo  Heru Sudjatmiko unggul dengan perolehan suara sebesar 47,20%. Posisi kedua ditempati oleh Bibit Waluyo  Sudijono Sastroatmodjo (31,60%). Posisi ketiga Hadi Prabowo - Don Murdono (21,20%).

Perbedaan suara antara Ganjar Pranowo  Heru Sudjatmoko dengan Bibit Waluyo  Sudijono Sastroatmodjo terlihat cukup besar, yaitu 15,6%. Perbedaan suara yang cukup besar itu dapat dipastikan Provinsi Jawa Tengah akan memiliki gubernur baru. Pemilukada Provinsi Jawa Tengah berlangsung 1 putaran. Namun, hasil akhir penentuan kemenangan Ganjar Pranowo  Heru Sudjatmoko tetap mengacu pada hasil penghitungan manual yang dilakukan oleh KPU Provinsi Jawa Tengah.

Berikut perolehan suara pasangan calon:

No Urut

Pasangan

Persentase

1

HADI PRABOWO  DON MURDONO

21,20%

2

BIBIT WALUYO  SUDIJONO SASTROATMODJO

31,60%

3

GANJAR PRANOWO  HERU SUDJATMOKO

47,20%

Kemenangan Ganjar Pranowo  Heru Sudjatmoko terjadi karena pasangan ini mengalami akselarasi tingkat pengenalan (popularitas) dan elektabilitas. Akselarasi tingkat pengenalan (popularitas) dan elektabilitas Ganjar Pranowo  Heru Sudjatmoko disebabkan beberapa aspek: 1) Provinsi Jawa Tengah merupakan salah satu basis terkuat PDIP. Dukungan dari pemilih PDIP nampaknya cukup solid untuk mendukung pasangan ini, 2) Secara struktural mesin politik PDIP bekerja keras untuk memenangkan pasangan ini, 3) Dukungan ketokohan Megawati Soekarnoputri dan Joko Widodo, 4) Tentu saja figur Ganjar Pranowo yang masih muda, enerjik, cerdas, dan dipersepsikan pro perubahan menjadi daya tarik tersendiri bagi pemilih untuk memberikan dukungan suara.

Pada sisi lain kemenangan Ganjar Pranowo  Heru Sudjatmoko tidak terlepas dari trend penurunan tingkat kepuasan pemilih atas kinerja Bibit Waluyo sebagai gubernur incumbent. Turunnya tingkat kepuasan atas kinerja Bibit Waluyo berdampak pada penurunan terhadap tingkat elektabitas Bibit Waluyo  Sudijono Sastroatmodjo.

Kemenangan Ganjar Pranowo  Heru Sudjatmoko ini membawa harapan baru atas janji-janji politik yang pernah disampaikan saat kampanye, seperti reformasi anggaran, pembangunan pedesaan, pembangunan infrastruktur, dll. Akankah Ganjar Pranowo  Heru Sudjatmoko segera memenuhi janji-janji politik selama kampanye?

Mengacu hasil quick count Indo Barometer, tingkat partisipasi pemilih (voter turn out) pada pemilukada Provinsi Jawa Tengah sebagai berikut:

Partisipasi   Pemilih

Persentase

SUARA SAH

54,72%

SUARA TIDAK SAH

3,70%

SUARA TIDAK DATANG

41,57%

Apabila dijumlah antara suara sah dan suara tidak sah, angka partisipasi pemilih sebesar 58,42%. Sedangkan suara tidak datang ke TPS sebesar 41,57%. Angka partisipasi pemilih tidak mencapai 60%.

Quick count Indo Barometer dilaksanakan di 400 TPS sampel yang diambil dari 61.951 TPS yang yang tersebar di 35 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah. Dari total pemilih 27.385.985 pemilih. Dengan jumlah sampel sebesar itu, margin of error quick count adalah  1% pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 99%. Quick count menggunakan metode multi stage random sampling, yaitu metode acak bertingkat dengan mengambil sampel di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah.

Jakarta, 26 Mei 2013

z