'c1k4dutz666 was here.... PRESS RELEASE HASIL QUICK COUNT INDO BAROMETER PEMILUKADA DKI JAKARTA PUTARAN KEDUA | Quick Count Indo Barometer


Loading...
Indo Barometer
Quick Count
Indo Barometer
Barometer Prilaku Masyarakat Indonesia
PRESS RELEASE HASIL QUICK COUNT INDO BAROMETER PEMILUKADA DKI JAKARTA PUTARAN KEDUA

Kamis 20 September 2012


Pemilukada DKI Jakarta putaran kedua, Kamis (20/9), telah selesai digelar. Hasil quick count yang diselenggarakan oleh Indo Barometer menunjukkan bahwa Joko Widodo  Basuki Tjahja Purnama memiliki perolehan dukungan sebesar 54,11% mengungguli Fauzi Bowo  Nachrowi Ramli dengan dukungan sebesar 45,89%. Perbedaan dukungan antar pasangan calon sebesar 8,22%. Perbedaan dukungan ini cukup besar jika mengacu pada desain quick count yang memiliki margin of error sebesar  0,5% pada tingkat kepercayaan 99%.

Dari  6 kabupaten/kota yang ada di DKI Jakarta, Joko Widodo  Basuki Tjahja  Purnama unggul di 5 kota, yaitu Jakarta Selatan (52,57%), Jakarta Timur  (51,38%), Jakarta Pusat (57,76%), Jakarta Barat (55,15%), dan Jakarta  Utara 58,87%). Joko Widodo  Basuki Tjahja Purnama hanya kalah di  Kabupaten Kepulauan Seribu. Di Kabupaten Kepulauan Seribu ini, Fauzi  Bowo  Nachrowi Ramli unggul mutlak, yaitu 76,23%. Namun secara  statistik pemilih di Kabupaten Kepulauan Seribu adalah kecil, hanya  sebesar 0,2% dari total pemilih di DKI Jakarta.

Mengacu hasil  quick count ini, maka pasangan Joko Widodo  Basuki Tjahja Purnama akan  menjadi gubernur DKI Jakarta periode 2012 - 2017. Meskipun Joko Widodo   Basuki Tjahja Purnama telah unggul, untuk memastikan pemenangnya  menunggu hasil penghitungan resmi yang dilakukan oleh KPU DKI Jakarta.

Dari  hasil quick count diketahui, partisipasi pemilih pada pemilukada DKI  Jakarta hari ini sebesar 65,68% yang terdiri dari suara sah sebesar  64,39% dan suara rusak sebesar 1,29%. Sedangkan suara tidak datang ke  TPS sebesar 34,32%.

Quick count ini dilaksanakan di 300 TPS  sebagai sampel dari 15.059 TPS yang ditetapkan oleh KPU DKI Jakarta.  Quick count menggunakan metode multi stage random sampling, yaitu metode  acak bertingkat. Metode ini pula yang digunakan pada quick count  pemilukada DKI Jakarta putaran pertama. Tingkat akurasi quick count pada  putaran pertama sangat tinggi. Hasilnya mirip dengan perhitungan real  yang dilakukan oleh KPU DKI Jakarta.

Jakarta, 20 September 2012


Muhammad Qodari
Direktur Eksekutif

z