Loading...
Indo Barometer
Analisa
Indo Barometer
Barometer Prilaku Masyarakat Indonesia
Pengamat Perkirakan Tiga Paslon Pada Pilkada DKI

Jumat 23 September 2016


Jakarta (ANTARA News) - Pengamat politik dari Indo Baromoter Muhammad Qodari memperkirakan akan tampil tiga pasangan calon (Paslon) gubernur dan calon wakil gubernur DKI Jakarta pada pilkada serentak 2017.

"Ketiga pasangan calon itu berasal dari tiga kubu," kata Muhammad Qodari pada diskusi Dialektika Demokrasi: Dinamika Politik Jelang Pilkada Serentak 2017, di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Kamis.

Menurut Qodari, Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono mengundang pimpinan partai-partai politik untuk membicarakan pasangan calon kepala daerah pada pilkada DKI Jakarta, di kediaman pribadinya di Puri Cikeas, Bogor, pada Rabu (21/9) malam.

Jika mencermati partai-partai politik yang hadir, menurut dia, ada empat parpol yang hadir yakni Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), serta PartaiPersatuan Pembangunan (PPP). Ada dua partai lainnya yang tidak hadir yakni, Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

"Empat partai yang hadir membicarakan kesepakatan untuk mengusung pasangan calon yang sama," katanya.

Menurut Qodari, dua partai lainnya, Partai Gerindra dan PPP, juga ada kemungkinan mengusung pasangan sendiri.

Qodari merinci, tiga pasangan itu kemungkinan, pasangan petahana yakni Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat, yang diusung Partai NasDem, Partai Hanura, Partai Golkar, dan PDI Perjuangan.

Kemudian, pasangan yang diusung poros Cikeas yakni PD, PAN, PKB, dan PPP, ada beberapa nama yang masih dibicarakan.

Kemudian pasangan ketiga, kemungkinan diusung oleh Partai Gerindra dan PKS.

"Namun, karena waktu yang semakin singkat untuk mendaftar ke KPU DKI Jakarta, ada kemungkinan Partai Gerindra dan PKS bergabung ke Poros Cikeas hingga tampil dua pasangan," katanya.

Menurut Qodari, pilkada DKI Jakarta akan lebih ramai jika diikuti oleh tiga pasangan calon.

Kalaupun hanya dua pasangan calon yang tampil, menurut dia, juga akan ramai karena slogan akan dimunculkan adalah pasangan petahana atau pasangan non-petahana.

Berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan KPU Pusat, KPU DKI Jakarta membuka pendaftaran pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur DKI Jakarta, pada 21-23 September 2016.

http://www.antaranews.com/berita/585911/pengamat-perkirakan-tiga-paslon-pada-pilkada-dki 
z