Loading...
Indo Barometer
Analisa
Indo Barometer
Barometer Prilaku Masyarakat Indonesia
Indo Barometer Lakukan ''Quick Count'' 7 Pilkada

Selasa 05 Januari 2016


Jakarta, GATRAnews - Indo Barometer melakukan hitung cepat (quick count) hasil pemilihan kepala daerah di 7 wilayah di Tanah Air, terdiri dari empat kota, masing-masing Semarang, Medan, Serang, dan Surabaya, serta Provinsi Jambi, Sulawesi Utara (Sulut), Sulawesi Tengah (Sulteng).

"Kami lakukan di tujuh wilayah, awalnya delapan, malah 13. Tujuh itu adalah empat kota, Semarang, Medan, Serang, dan Surabaya. Provinsi Jambi, Sulut, Sulteng," kata Pratomo dari Indo Barometer, di Jakarta, Rabu (9/12). 

Satu quick count di Kalimantan Tengah (Kalteng) terpaksa dibatalkan, setelah terjadi insiden pembakaran kantor KPUD oleh orang kelompok yang tidak disebutkan.

Pratomo menjelaskan, beberapa kota yang digarap Indo Barometer merupakan kota-kota besar yang menjadi perhatian publik, yakni Medan, Semarang, dan Surabaya.

Setiap daerah, Indo Batometer melakukan perhitungan di 300 Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebagai sempel hitung cepat. Jumlah itu sudah sesuai ketentuan, bahkan melebihi syarat standar hitung cepat.

"Sebanyak 300 TPS per daerah, baik kota atau kabupaten dan provinsi. Itu sudah over sempel, sebenarnya ketentuannya 250 udah cukup untuk minimalkan margin of error. Margin of error-nya sebesar 1%," katanya.

sumber: http://www.gatra.com/politik/pemilu/pilkada/177783-indo-barometer-lakukan-quick-count-7-pilkada

z