Loading...
Indo Barometer
Analisa
Indo Barometer
Barometer Prilaku Masyarakat Indonesia
PREDIKSI KABINET JOKO WIDODO-JUSUF KALLA 2014-2019 OLEH INDO BAROMETER

Jumat 17 Oktober 2014
Download File


Jakarta, 17 Oktober 2014

Kepada Yth.

Redaksi Media Massa

Di tempat

Dengan hormat,

Pada tanggal 20 Oktober 2014, Joko Widodo-Jusuf Kalla akan dilantik sebagai Presiden-Wapres RI periode 2014-2019. Selanjutnya mereka akan dibantu oleh kabinet yang belum diketahui persis susunan organisasi dan nama-nama menterinya.

Hal ini disebabkan metode seleksi menteri Jokowi berbeda dengan SBY. Metode seleksi SBY bersifat relatif terbuka, yakni dengan mengundang nama-nama calon menteri untuk “audisi” di Cikeas. Sementara metode Jokowi bersifat tertutup karena masyarakat tidak tahu siapa saja calon yang diseleksi oleh Jokowi.

Metode SBY memiliki kelebihan, yakni masyarakat dan media mengetahui jelas sosok yang jadi calon menteri sehingga bisa memberikan masukan dan penilaian mengenai kelebihan dan kekurangan calon. Kelemahannya adalah bila tidak jadi terpilih, calon merasa malu karena gagal. Kelemahan lain adalah unsur sensasi atau “show” yang besar.

Metode Jokowi memiliki kelebihan karena calon yang gagal tidak merasa dipermalukan bila batal jadi menteri. Juga unsur sensasinya tidak besar. Namun metode ini memiliki kelemahan karena tidak bisa menarik masukan dan penilaian yang maksimal dari masyarakat dan media.

Untuk mengantisipasi kelemahan metode seleksi Jokowi, Indo Barometer merilis daftar nama calon menteri yang dianggap punya potensi dan peluang besar untuk masuk kabinet. Tujuannya agar masyarakat dan media dapat memberikan masukan. Jangan sampai ada calon menteri yang telanjur masuk kabinet tapi ternyata punya masalah besar.

Nama-nama ini hasil telusuran media massa, info dari kelompok masyarakat, dan narasumber yang dianggap kredibel dan relevan. Namun perubahan dan pergeseran nama-nama calon menteri dan nomenklatur kementerian masih bisa terjadi karena dinamika politik seperti yang sudah dinyatakan oleh Jokowi sendiri.

Hormat kami,

 

 

M. Qodari

(Direktur Eksekutif Indo Barometer)

HP: 08111833747

indoxxi prediksi bola togel online bola jalan bola jalan bandarq dominoqq
z