Loading...
Indo Barometer
Analisa
Indo Barometer
Barometer Prilaku Masyarakat Indonesia
Qodari Ingatkan Tim Jokowi-JK Waspadai Elektabilitas Prabowo-Hatta

Senin 30 Juni 2014


Metrotvnews.com, Jakarta: Tim kampanye pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) diperingatkan mengenai elektabilitas pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa yang kian meningkat.

Direktur Eksekutif lembaga survei Indo Barometer M Qodari di Jakarta, Minggu (29/6/2014), memaparkan, berdasarkan survei Indo Barometer, pasangan Jokowi-JK masih unggul atas Prabowo-Hatta sebesar 3,4%.

Dalam survei yang dilakukan pada 16-22 Juni, pasangan Jokowi-JK meraih 46% dan Pasangan Prabowo-Hatta dengan raihan 42,6%.

"Lampu kuning bagi tim sukses Pasangan Jokowi-JK, karena elektabilitas Pasangan Prabowo-Hatta terus naik dan semakin mendekati. Ini angka yang rawan dan tim sukses Jokowi-JK harus kerja keras agar tetap unggul," kata Qodari.

Dalam survei sebelumnya pada 28 Mei hingga 4 Juni 2014, pasangan Jokowi-JK unggul 10,5% atas Prabowo-Hatta. Dalam survei sebelum kampanye tersebut, Jokowi-JK mendapat 49,9% dan Prabowo-Hatta meraih 36,5%.

Menurut Qodari, naiknya elektabilitas pasangan Prabowo-Hatta dan menurunnya elektabilitas Pasangan Jokowi-JK, disebabkan oleh sejumlah hal.

Terutama kinerja mesin politik koalisi partai pendukung dan mulainya pemilih Islam yang mengarah ke pasangan Jokowi-JK.

"Dari hasil survei menunjukkan, mesin partai pendukung Jokowi-JK harus bekerja lebih keras. Isu-isu agama juga mulai menunjukkan hasil bagi pasangan Prabowo-Hatta. Selain itu, hasil debat juga cukup berpengaruh dan nampak dari responden yang menonton debat sekitar 50% suara, lebih besar memilih pasangan Prabowo-Hatta," urai Qodari.

Dari survei tersebut, sebanyak 11,3% pemilih belum menentukan pilihan. Angka itu akan menjadi angka yang sangat menentukan bagi kedua pasangan calon yang bertanding untuk diperebutkan dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014.

Survei dilangsungkan 16-22 Juni dengan responden sebanyak 1.200 orang, margin of error +/- 3,0% dan tingkat kepercayaan 95%. Responden dipilih dengan metode multistage random sampling berusia 17 tahun lebih atau sudah menikah dan wawancara dilakukan dengan tatap muka langsung.

Selain mengukur tingkat elektabilitas, survei juga menyodorkan pertanyaan secara terbuka kepada responden dengan pertanyaan jika pilpres dilangsungkan hari ini. Dalam pertanyaan terbuka tersebut, Jokowi-JK tetap mengungguli Pasangan Prabowo-Hatta. (Antara)

z