Loading...
Indo Barometer
Quick Count
Indo Barometer
Barometer Perilaku Masyarakat Indonesia
Press Release Hasil Quick Count Indo Barometer Pemilukada Provinsi DKI JAKARTA Putaran Kedua

Rabu 19 April 2017
Download File


Hasil quick count Indo Barometer pada pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur Provinsi  DKI Jakarta Putaran Kedua, Rabu,19 April 2017menunjukkan, pasangan BASUKI TJAHAJA PURNAMA – DJAROT SAIFUL HIDAYAT mendapat suara sebesar 41.50% Adapun perolehan suara pasangan ANIES BASWEDAN – SANDIAGA S. UNO sebesar 58.50 %.Dari total data masuk sebesar 100%.

Selisih suara antara pasangan BASUKI TJAHAJA PURNAMA – DJAROT SAIFUL HIDAYAT  danANIES BASWEDAN – SANDIAGA S. UNOsebesar 17%, Dengan selisih suara tersebut, dapat diperkirakan pasanganANIES BASWEDAN – SANDIAGA S. UNOakan menang pada perhitungan manual (real count) yang akan dilakukan oleh KPU Provinsi DKI Jakarta.

Persentase perolehan suara pasangan calon:

NO URUT

PASANGAN

PERSENTASE

2

BASUKI TJAHAJA PURNAMA – DJAROT SAIFUL HIDAYAT

41.50%

3

ANIES BASWEDAN – SANDIAGA S UNO

58.50%

 

Pasangan Basuki Tjahaja PurnamaDjarot Saiful Hidayat didukung oleh PDI Perjuangan, Partai Nasdem, Golkar, Hanura, PPP, dan PKB. Sedangkan pasangan Anies BaswedanSandiaga S Uno didukung oleh partai Gerindra,PKS dan PAN.

Adapun tingkat partisipasi pada pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur DKI Jakarta kali ini mencapai77.15%. Partisipasi pemilih adalah jumlah total suara sah dan suara tidak sah. Angka partisipasi tersebut terdiri dari suara sah 76.04% dan suara tidak sah 1.11%. Sedangkan suara yang tidak hadir ke TPS sebesar 22.85%

Tabel partisipasi pemilih pemilihan Gubernur/Wakil GubernurDKI Jakarta

PARTISIPASI PEMILIH

PERSENTASE

SUARA SAH

76.04%

SUARA TIDAK SAH/RUSAK

1.11%

SUARA TIDAK DATANG

22.85%

 

Meskipun pasanganANIES BASWEDAN – SANDIAGA S. UNOunggul menurut versi quick count, namun untuk menentukan pemenang pilkada Provinsi DKI Jakarta tetap mengacu pada keputusan resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta .

Quick count ini dilaksanakan di 300 TPS sebagai sampel, dari 13.034 TPS yang tersebar di 6 kabupaten/kota di provinsi DKI Jakarta.

Dengan sampel sebanyak 300 TPS, quick count berada pada tingkat kepercayaan (confidence level) sebesar 99% dan tingkat kesalahan (margin of error) sebesar ± 1%. Metode sampling menggunakan metode acak bertingkat (multi stage random sampling).

 

Jakarta, 19 April 2017

 

 

Muhammad Qodari

Direktur Eksekutif

z