Loading...
Indo Barometer
Analisa
Indo Barometer
Barometer Perilaku Masyarakat Indonesia
Sikap Presiden yang Tak Temui Peserta Demo 4 November Dinilai Wajar

Senin 07 Nopember 2016


Jakarta - Wakil Ketua DPR Fadli Zon mempermasalahkan sikap Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang tak mau menemui peserta demo 4 November. Semestinya Jokowi menemui demonstran. 

Namun menurut Direktur Eksekutif Indo Barometer Muhammad Qodari, sikap Presiden Jokowi yang tak menemui peserta demo 4 November itu hal yang wajar. "Menurut saya wajar (Presiden Jokowo tak temui demonstran)," kata Qodari kepada wartawan di sela diskusi Talkshow Akhir Pekan Trijaya di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (5/11/2016).

Menurut dia, tidak ditemuinya demonstran oleh Presiden Jokowi itu tentu dengan pertimbangan faktor keamanan. "Pertimbangannya pasti soal keamanan, unjuk rasa 4 November, bisa saja ada kombatan dari mujahidin. Dan kita tidak bisa menafikan sekarang ada ISIS," kata Qodari. 

Terkait tuntutan peserta demo 4 November agar penyelidikan kasus Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dipercepat, menurut Qodari hal itu sudah dilakukan oleh Presiden Jokowi. Tiga hari sebelumnya Presiden Jokowi sudah mengundang sejumlah pimpinan tokoh agama ke Istana Negara. 

Mereka yang hadir ke Istana antara lain Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir, Ketua Umum PB NU Said Aqil Siradj, Ketua MUI Ma'Ruf Amin. "Soal Presiden ketemu apa tidak dengan mereka (demonstran) yang menuntut proses hukum Ahok, hemat saya sudah dilakukan, Presiden sehari sebelumnya kan sudah bertemu dengan MUI, dengan PB NU, ketua PP Muhammadiyah. Kalau dikatakan tidak atau tidak mau ketemu menurut saya juga tidak," kata Qodari. 

"Misalnya Prabowo jadi Presiden dan kalau saya di posisi Fadli Zon, saya akan katakan ke pak Prabowo jangan temui massa, karena ini kan demo dan di dalamnya ada risiko keamanan," tambah Qodari. 

http://news.detik.com/berita/3338346/sikap-presiden-yang-tak-temui-peserta-demo-4-november-dinilai-wajar
z